Kamis, 11 Februari 2010

Satu Jam Bersama Kepala Sekolah

Mutu atau kualitas adalah target dalam setiap hasil produk. Kualitas dapat diukur dari input, proses maupun output. Dalam dimensi pendidikan dan pembelajaran jika input adalah masukan (siswa masuk) yang diukur dari perolehan siswa pada saat penerimaan peserta didik baru (PPD), maka mengukur prosesnya adalah mengukur komponen proses, yaitu sumber daya manusia (sdm); sarana prasarana penunjang pembelajaran dan perangkat administrasinya. Sedangkan output adalah hasil yaitu tingkat kompetensi dan keterserapan siswa baik di lingkungan perusahaan masupun di masyarakat.
Untuk meningkatkan dan menjamin mutu pembelajaran, maka salah satu program di SMK Politeknik YP3I Banyumas adalah melaksanakan supervisi KBM baik secara teknis maupun administratif.
Supervisi administrasi dilaksanakan sebelum pembelajaran dengan mengecek kelengkapan administrasi pembelajaran termasuk di dalamnya adalah; RPP, kaldik, program semester/tahunan, perhitungan minggu efektif, jadwal pembelajaran, daftar hadir, daftar nilai, bahan ajar, agenda kegiatan, daftar remidi, daftar pembinaan dan pembimbingan.
Sedangkan Supervisi Teknis dilaksanakan di dalam kelas dengan menilai beberapa komponen termasuk di dalamnya; pembukaan, review, metode pembelajaran, pemetaan konsep pembelajaran, penilaian, kesimpulan.
Target program Satu Jam Bersama Kepala Sekolah (supervisi kepala sekolah) ini adalah untuk meningkatkan kesiapan guru untuk melaksanakan pembelajaran dalam rangka untuk meningkatkan dan menjamin kualitas pembelajaran di SMK Politeknik YP3I Banyumas.
Kegiatan ini akan dilaksanakan mulai hari Kamis, 11 Februari 2010 s/d 17 Februari 2010.
Mudah-mudahan program kegiatan ini dapat dilaksanakan dan dimanfaatkan semaksimal mungkin dalam menyiapkan diri bagi pembelajaran yang lebih berkualitas.


Kepala Sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar