Rabu, 14 Oktober 2009

CHANGE



Sekolah adalah sebuah institusi yang unik, system manajemen yang dikembangkan sangat berbeda dengan system manajemen yang lain. Sebagian ada yang menggunakan manajemen pendidikan murni, ada yang mengkolaborasikan dengan system manajemen perusahaan, tetapi ada juga yang menggunakan system manajemen perusahaan murni, dengan institusi pendidikan merupakan bagian dari manajemen perusahaan itu sendiri.


Apapun system yang digunakan, institusi pendidikan perlu diatur dan dikelola dengan baik. Pengelolaan yang professional akan menjadikan sekolah bukan hanya pelengkap bagi tolak ukur kemajuan bangsa. Justru sebaliknya, sekolah menjadikan komponen utama yang memberikan kontribusi besar terhadap perkembangan nilai-nilai masyarakat dalam arti luas.

Dalam perkembanganya, SMK Politeknik YP3I Banyumas berusaha untuk melakukan pengelolaan secara mandiri, mulai dari pengelolaan kegiatan, pengelolaan administrasi sampai dengan pengelolaan keuangan. Dengan kemandirian ini diharapkan akan timbul kreatifitas sehingga segenap akademika dapat berekspresi, berinovasi dan memiliki kreatifitas yang tinggi tanpa adanya intervensi dari pihak manapun. Namun bukan berarti pengelolaan secara mandiri menjadikan manajemen di SMK Politeknik YP3I Banyumas kebablasan, namun tetap mengacu asas professional dan akuntabilitas.

Manajemen adalah change, dalam kata lain berarti juga hijrah. Manajemen adalah sebuah perubahan, dimulai dari diri kita, mulai dari yang kecil-kecil, dan mulai sekarang juga. Tanpa adanya perubahan, maka manajemen tidak akan berarti apa-apa. Bersiaplah untuk membuat perubahan (positif) karena perubahan adalah berkembang dan maju. Jika tidak mau berubah, berarti tidak menginginkan kemajuan.

Bukit Kalibagor,  Maret 2009

Kepala SMK Politeknik YP3I Banyumas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar